Celine Sharing

blog tempat sharing celine buat semua yang berguna dan memberikan pola pikir fresh, up to date dan all good things

Senin, 31 Oktober 2011

Mengatasi bayi rewel

Satu bulan pertama di rumah mama, kaka Najmi rewel banget.  Suara tangisannya lumayan kenceng.  Cukuplah untuk membuat tetangga bangun.  Sangat panik tentu, karena ini pengalaman pertama mengasuh bayi.  Karena waktu itu lahirnya sesar, bekas operasinya masih sakit.  Kalau mau bergerak harus pelan-pelan.    Sekitar dua minggu pasca operasi, badan sudah mulai pulih dan stabil.  Tapi tetap harus hati-hati.  Lumayan agak ribet, tapi dengan dukungan keluarga, semua bisa dilewati. Intinya adalah persiapkan mental dengan baik.  Artinya berusaha untuk menjaga kestabilan emosi.  Biasanya kalau anak nangis, pasti semua jadi ribet, dan ujung-ujungnya jadi emosi.  Mulailah marah-marah ke anak.  Untungnya semua sudah disiapkan dengan baik.  Jadi, sudah tidak ada masalah menangani anak rewel.

Apa aja sih yang membuat bayi rewel?  Banyak tentunya.  Bayi sering menangis bila ia merasa tidak nyaman, diantaranya:
·         Popok bayi basah
·         Bayi mengantuk.
·         Bayi lapar
·         Bayi sakit
·         Bayi kepanasan

Tidak usah khawatir or panik.   Ada banyak cara untuk mengatasinya.  Ikuti saja petunjuk berikut ini:
·         Periksa popok bayi.  Bayi cenderung akan gelisah bila popoknya basah.  Segera ganti dan jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum mengenakan popok yang baru.
·         Pastikan suhu ruang tidak terlalu dingin atau terlalu panas.  Kulit bayi sangat sensitif terhadap perubahan suhu.  Jika suhu terlalu panas, sebaiknya tanggalkan pakaiannya atau bayi hanya mengenakan singlet saja.  Jika terlalu dingin, ganti pakaian bayi dengan baju hangat dan kaus kaki.  Oleskan minyak kayu putih dan selimuti bayi.
·         Kebutuhan makan dan minum bayi juga harus terpenuhi.  Segera susui, jangan sampai bayi merasa lapar atau haus.
·         Berikan pelukan yang hangat pada bayi.  Pelukan bisa memberikan rasa nyaman pada bayi.   Pelukan juga bisa menetralkan suhu bayi yang tidak stabil.
·         Mengusap punggung bayi juga bisa mengurangi tangisan.   Sentuhan kasih sayang akan membuat bayi merasa nyaman.
·         Ajak bayi jalan-jalan agar bayi juga bisa mendapat udara yang lebih segar.  Bayi akan merasa lebih tenang jika digendong atau bisa juga dengan naik kereta dorong.
·         Jika bayi mengeluarkan banyak keringat dan badannya lengket, sebaiknya mandikan agar bayi merasa lebih segar.
·         Dengarkan nyanyian atau lagu yang berirama lembut.  Jika anda muslim, juga bisa menggunakan murotal alquran.
·         Yang terakhir hanyalah lakukan semuanya dengan penuh rasa cinta dan kesabaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar