Celine Sharing

blog tempat sharing celine buat semua yang berguna dan memberikan pola pikir fresh, up to date dan all good things

Senin, 31 Oktober 2011

Mengatasi Bayi Menangis/bayi rewel dengan Pijatan

Pasti sering deh ibu2 ngerasa frustasi ngadepin anak or bayi yang nangis ga berenti tanpa sebab yang jelas. Walaupun emang bayi itu hobinya nangis, tapi jika tangisan ini sulit dihentikan, terkadang bisa menyebabkan ibu akan merasa frustasi dan ga berdaya, dan kemungkinan terburuk bisa terjadi akibat ketidaksabaran ibu dalam menghadapi anak yang menangis ini.
Tindakan awal yang biasa dilakukan adalah kita  akan langsung memeluk bayi dan berusaha menenangkannya, karena memang semakin cepat respon kita terhadap tangisan bayi, biasanya tangisan akan lebih cepat mereda. namun terkadang  hal itu tidak berpengaruh dan bayi masih terus menangis.
Ada beberapa penyebab dari tangisan bayi itu, misalnya  ya karena bayi merasa lapar,        Bayi minta diganti pakaian atau popoknya sudah basah,  Bayi ingin dipeluk, Bayi lelah dan ingin atau perlu untuk tidur,  Bayi bosan dan ingin berganti posisi atau melihat pemandangan lain,    Terlalu banyak stimulasi terhadap bayi,     Bayi merasa sakit atau tidak nyaman.
 Sebetulnya kunci utama dalam mengurus bayi adalah ketenangan, jangan panik, karena bayi bisa membaca apa yang ada dalam batin bundanya. Semakin bundanya gelisah, maka baby akan semakin tidak nyaman dan tangisan tidak akan berhenti.
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meredakan tangisan atau kegelisahan baby, yaitu :
  1. Lakukan kedekatan fisik ; bayi sangat menyenangi pelukan, angkatkan sesegera mungkin bayi, peluk dan bernyanyilah, biasanya bayi sangat menyukai hal tersebut dan bunda bisa merasakan detak jantungnya di dada bunda bahkan terkadang akan dapat menidurkan baby.
  2. Bergeraklah; bawa baby keliling rumah sambil menggendongnya, rubah suasana pemandangannya, biasanya bayi akan merasa nyaman dengan perubahan tersbut
  3. Alihkan kegiatan bayi, misalnya dengan memberinya mainan atau bercerita
  4. Bawalah mandi; Air dapat bersifat menenangkan, cobalah mandikan bayi bila bayi gelisah dan tidak dapat diredakan dengan pelukan dan ayunan
  5. Bedong ; dengan membedong, bayi merasa aman dan serasa dipeluk oleh bundanya. Biarkan lengannya bertekuk sehingga tangannya mendekati mulutnya dan biarkan ia mengisap jemarinya
  6. Serahkan bayi bila bunda merasa frustasi dan kesal. Jangan biarkan menggendong bayi dalam keadaan kesal, karena bayi bisa merasakan hal tsb dan tdk akan membuatnya nyaman. Serahkanlah kepada orang lain sehingga bunda bisa menenangkan diri dan beristirahat sebentar, jangan merasa bersalah karena ini justru akan menambah beban bunda.
  7. Bila bayi menangis dalam jangka waktu lama dan bunda tetap tidak mengetahui penyebabnya, dan semakin frustasi dan sedih, sebaiknya letakkan bayi ditempat yang aman, dan tunggu beberapa menit agar bunda dapat menenangkan diri, dan bila memungkinkan hubungi dokter atau petugas kesehatan.
 
Pijatan untuk bayi rewel
Pemijatan bisa dilakukan untuk memberi ketenangan pada bayi. Bila bayi anda terbiasa dengan proses pemijatan, maka lakukanlah pemijatan pada tubuhnya untuk menenangkannya. Namun bila bayi anda belum terbiasa dipijat, maka lakukan pijatan beberapa kali di sela sela tangisnya untuk mengenalkan ia pada pijatan. Lakukan pijatan yang anda ketahui sangat dinikmati oleh bayi.
Biasanya pijatan meluncur pada punggung dan bagian perut akan meredakan dan menenangkan bayi, karena prosesnya panjang, mantap dan berirama. Pijatan lainnya bisa dilakukan pada bagian depan dan belakang kaki.
Lakukan terus bila bayi merasa nyaman, dan hentikan bila bayi merasa tersiksa, lakukan pijatan ringan disela2 tangisnya sambil menggendongnya, tapi  bila bayi malah terlihat tersiksa, maka sebaiknya proses pemijatan dihentikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar